Kamis, 23 April 2015

Diari Fotografi IV: Iqro'

Iqro'.
Bacalah.
Kata pertama dari wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Wahyu pertama ini tercantum dalam surat Al Alaq, di dalam kitab suci umat Islam: Alquran.

Dulu saat aku kecil, hal yang biasa melihat orang membaca Alquran di mushola, di masjid, atau di rumah setelah salat lima waktu ataupun salat sunah, juga saat pengajian. Biasanya di mushola / masjid terdapat Quran yang disediakan, membantu yang tidak membawa Quran untuk tetap bisa membacanya.

Beberapa tahun belakangan ini, Alquran sudah umum dibaca di mana saja, seperti di stasiun saat menunggu kereta, di taman sambil rekreasi, dan saat sedang diperjalanan naik bus, kereta, kapal laut, ataupun pesawat terbang. Termasuk suatu waktu di tahun 2012, aku sedang dalam perjalanan menaiki kereta api jarak jauh (Kelihatannya Senja Kediri, kereta kelas bisnis yang kemudian menjadi kelas ekonomi ac bernama Majapahit). Penumpang di depanku sedang fokus membaca Quran. Saat itu belum banyak yang membaca Qur'an di tempat umum seperti saat ini. Mungkin saat itu pengguna smartphone belum sebanyak sekarang, jadi kebanyakan masih membaca Quran cetak.


Membaca Al-Qur'an makin mudah dengan adanya kemajuan teknologi. Muncul aplikasi Al-qur'an digital untuk sistem operasi smartphone, selain cetakan Alquran ukuran kecil dan ringkas yang bisa didapat dengan mudah di toko buku. Kini umat islam bisa membaca Qur'an di mana-mana dengan mudah. Kalau bepergian, bisa membawa Al-qur'an kecil. Punya smartphone? Tinggal unduh aplikasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar