Rabu, 23 Maret 2011

Read The Fine Manual

            Pernahkah anda mengetahui seseorang yang menanyakan sesuatu yang sebenarnya ada di buku petunjuk? Ataukah anda sendiri yang pernah menanyakan hal-hal seperti itu? Artikel ini akan memberitahu pentingnya sebuah buku/lembar yang berisi panduan penggunaan peralatan tersebut secara singkat.
            Pertama buku/lembar manual berisi informasi tentang produk. Daftar perlengkapan alat yang semestinya diberikan untuk anda dalam satu paket peralatan diinformasikan dalam buku manual. Periksalah apakah perlengkapan peralatan anda lengkap berdasarkan panduan yang ada. Bila tidak lengkap tanyakan ke penjual apakah perlengkapan yang tidak ada tersebut memang disediakan terpisah atau tidak.
            Kedua, buku manual berisi informasi fitur-fitur peralaan yang anda miliki. Misal, format foto yang didukung apa saja dan berapa saja ukuran foto yang tersedia, bagaimana kompatibilitas kamera dengan peralatan lain (flash eksternal, battery grip, lensa dan lain-lain), fitur pengaturan white balance, mode autofokus, dan mode metering. Kalau anda tidak membaca manual peralatan mungkin saja anda akan bertanya sesuatu hal yang sudah ada di buku manual, misal apakah flash eksternal third party bisa berfungsi saat mengunakan mode live view di mana sudah dijelaskan penggunaan flash eksternal third party tidak kompatibel di mode live view.
            Ketiga, buku manual berisi panduan untuk mengoperasikan peralatan yang anda miliki. Panduan tersebut akan memudahkan anda mengenali seluk-beluk peralatan yang anda gunakan, hingga memungkinkan anda dapat mengoperasikan peralatan tersebut dengan cepat. Misal, dengan memahami buku panduan dan mempraktekkannya anda dapat mengubah setting white balance, mode metering, mengubah ISO dengan instan. Dengan memahami peralatan yang anda gunakan akan memudahkan anda memotret dengan baik dan benar dan menghasilkan foto yang anda inginkan.
            Keempat, manual peralatan biasanya berisi hal-hal yang berkaitan dengan perawatan dan peringatan pemakaian. Hal tersebut penting untuk memakai dan merawat peralatan yang anda gunakan. Misal, bila kamera dan lensa anda tidak memiliki weather seal maka jangan menggunakannya di luar ruangan saat hujan untuk menghindari kerusakan. Contoh lain, simpan peralatan anda di tempat dengan kelembaban yang dianjurkan manual. Bila terlalu lembab dapat terjadi penjamuran, hingga tidak mengherankan anda mendapati bercak-bercak jamur di lensa, kamera, hingga hasil foto anda.
            Kurang lebih empat hal tersebut yang dimiliki manual/panduan peralatan, yaitu informasi produk, fitur-fitur, pengoperasian, dan perawatan dan peringatan produk. Dengan membaca manual, memahami dan mempraktekkan isi manual, anda akan lebih mudah mengoperasikan peralatan fotografi anda, dan pada akhirnya anda dapat menghasilkan foto yang anda inginkan dengan lebih mudah. (FPN)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar